Bimtek KPPS Singosaren

Administrator 29 Januari 2024 09:25:16 WIB

Acara dibuka oleh ketua PPS kemudian dilanjukan dengan penghormatan terhadap Lagu Kebangsaan "Indonesia Raya" dan Jingle Pemilu sebagai bentuk kecintaan kepada tanah air.

Ketua PPS menyampaikan beragam materi teknis yang bertujuan untuk mempersiapkan KPPS dalam melaksanakan tugasnya dengan baik. Beberapa materi teknis yang disampaikan antara lain:

  1. Prosedur dan Tata Cara Pemilihan: Materi ini mencakup penjelasan mendetail mengenai prosedur dan tata cara pemungutan suara, termasuk identifikasi pemilih, verifikasi dokumen pemilih, serta prosedur penghitungan suara.
  2. Penggunaan Sistem Informasi Pemilu: KPPS diajarkan mengenai penggunaan sistem informasi pemilu yang digunakan untuk melaporkan hasil pemilihan dan perhitungan suara. Mereka diberikan pelatihan dalam menggunakan perangkat teknologi yang diperlukan untuk melaporkan hasil pemilihan dengan akurat dan tepat waktu. Yaitu melalui Aplikasi SIREKAP.
  3. Penanganan Surat Suara dan Perlengkapan Pemilu: Materi ini mencakup prosedur penanganan surat suara, segel surat suara, dan pengamanan perlengkapan pemilu lainnya. KPPS diberikan instruksi mengenai bagaimana menyimpan surat suara dengan aman sebelum dimulainya pemungutan suara.

 

 

 

 

 

  1. Penanganan Situasi Darurat: KPPS dilatih mengenai tindakan darurat yang perlu dilakukan dalam situasi krisis atau keadaan darurat selama proses pemungutan suara.
  2. Pengawasan Pemungutan Suara: Materi ini mencakup penekanan terhadap pentingnya pengawasan terhadap proses pemungutan suara untuk memastikan keabsahan dan kejujuran hasil pemilihan.
  3. Penanganan pengetahuan hukum dan etika yang berkaitan dengan pelaksanaan tugas sebagai Penyelenggara Pemungutan Suara.

 

Acara berlangsung dengan khidmat dan penuh keseriusan. Tidak ada catatan atau kendala yang signifikan selama pelaksanaan bimtek KPPS di Kalurahan Singosaren.

Komentar atas Bimtek KPPS Singosaren

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License