Sosialisasi Keselamatan Berlalu Lintas

Administrator 09 November 2023 09:49:34 WIB

Dalam rangka memberikan wawasan tentang keselamatan berlalu lintas  dan memperkenalkan rambu-rambu lalu lintas pada masyarakat, Dishub Prov. DIY melaksanakan Sosialisasi Keselamatan Berlalu Lintas ini. Harapannya masyarakat  memahami tata cara berlalu lintas lintas dengan baik, mengenal rambu-rambu lalu lintas dengan baik dan benar sehingga dapat mengurangi resiko kecelakaan di masa datang. Pada gilirannya nanti, saat mereka dewasa mereka mampu mengendarai motor/mobil dengan mematuhi rambu-rambu lalu lintas yang telah diketahui/dipahami serta berlalu lintas dengan tertib sesuai aturan yang berlaku.

Berdasarkan Survei, ada tiga faktor yang menjadi penyebab kecelakaan yaitu faktor manusia, kendaraan dan lingkungan. Faktor penyebab kecelakaan tertinggi adalah manusia (human error) yang disebabkan kecerobohan pengguna jalan, kurangnya pemahaman pengguna jalan terhadap tehnik berkendara, etika berlalu lintas, dan minimnya kesadaran pengguna jalan terhadap keselamatan berlalu lintas. Dengan demikian penerapan pendidikan etika ber lalu lintas dan issue keselamatan sejak dini diharapkan dapat membentuk pola pikir dan karakter positif pada anak.

 

Bertindak selaku  Nara sumber dari Dinas Perhubungan Prov DIY dengan materi sebagai berikut:

  1. Pengenalan Rambu Lalu Lintas
  2. Etika Berlalu Lintas
  3. Faktor Penyebab Kecelakaan

Komentar atas Sosialisasi Keselamatan Berlalu Lintas

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License